Friday, July 29, 2011

Apa yang Perlu Disiapkan Menghadapi Ramadhan

Ada tamu istimewa yang akan datang sebentar lagi.  Layaknya seorang tamu yang sangat istimewa, perlu persiapan yang istimewa pula untuk menyambutnya.  Anda sudah tahu kan siapa tamu istimewa yang akan datang? Tamu itu adalah…(jreng…jreng)… Ramadhan.  Bulan Ramadhan yang sangat istimewa, spesial buat kita sebagai seorang muslim.
Ramadhan, sungguh mempesona dan istimewa, tidak ada bandingannya.  Ramadhan adalah hadiah dari Allah, hadiah yang istimewa.  Keutamaan Ramadhan yang tiada bandingnya, jika dibandingkan bulan-bulan yang lainnya.  Dalam satu tahun hanya ada satu bulan yang sangat istimewa, yaitu bulan Ramadhan.  Bulan yang penuh rahmat, berkah dan maghfiroh.
Mari bersama-sama kita melakukan persiapan, untuk menyambut tamu istimewa yang sudah diambang mata.  Apa yang perlu disiapkan?
1.  Persiapan Mental
Anda harus sadar sepenuhnya, bahwa sebentar lagi, tinggal menghitung hari, Ramadhan akan datang.  Secara mental, kita harus mempersiapkan diri.  Maksudnya…dalam hati kita sudah tertanam niat dan motivasi yang kuat, untuk menyukseskan Ramadhan tahun ini.
Dengan niat dan motivasi yang tinggi untuk sukses dalam ibadah, akan sangat mendukung keberhasilan kita dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan.  Sudah terbayang di benak kita, sebentar lagi kita akan melaksanakan puasa sebulan penuh, melaksanakan shalat tarawih, dan ibadah-ibadah yang lainnya, seperti tilawah, infak, shodaqoh, dan lain sebagainya.
2.  Persiapan Spiritual
Di bulan Ramadhan, Anda akan digembleng sebulan penuh, untuk meningkatkan kedekatan kita dengan Allah, melalui ibadah yang banyak.  oleh karena itu, kita perlu mengadakan persiapan, dengan mulai saat ini memperbanyak ibadah.  Tujuannya adalah agar ibadah yang akan kita lakukan di bulan Ramadhan, sudah mulai dibiasakan sejak sekarang.  Sehingga kita tidak kaget, ketika memasuki bulan Ramadhan.
Pembiasaan peningkatan ibadah mulai saat ini, akan menentukan keberhasilan ibadah kita di bulan Ramadhan.  Biasakan mulai saat ini, rajin shalat, memperbanyak bacaan Al-Qur’an, dzikir, doa, shalat malam, dan ibadah yang lainnya.  Tidak terkecuali juga puasa sunnah, juga dianjurkan diperbanyak di bulan sya’ban ini.
3.  Persiapan Intelektual
Mari kita buka kembali buku-buku yang membahas tentang ramadhan, atau bisa browsing di internet.  Pemahaman kita mengenai seputar puasa, yang sebenarnya sudah biasa kita lakukan, perlu diperdalam lagi.  Misalnya pemahaman tentang syarat sah puasa, rukun puasa, hal-hal yang dapat membatalkan puasa.
Dengan persiapan intelektual ini, diharapkan puasa kita akan sukses, sesuai syariat, dan diterima oleh Allah SWT.
4.  Persiapan Fisik
Anda perlu menjaga kesehatan sejak sekarang, makan-makanan yang sehat dan bergizi, olahraga secara teratur.  Sehingga ketika Ramadhan datang, Anda dalam kondisi sehat dan fit 100%.  Ibadah pun jadi kuat, tidak malas, karena didukung dengan fisik yang sehat dan kuat.
5.  Persiapan Materi
Persiapan materi disini, adalah dalam rangka menyukseskan ibadah di bulan Ramdhan, bukan dalam rangka mempersiapkan hari lebaran.  Di bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk banyak infak dan shodaqoh, memberi makan orang yang berbuka puasa, umroh, dan ibadah lainnya.  Tentunya memerlukan materi yang cukup, agar ibadah puasa kita menjadi makin lengkap dan sempurna.
Apa yang sudah Anda siapkan, untuk menyambut bulan Ramadhan?

Reactions:

0 comments:

Post a Comment