Friday, April 6, 2012

Fenomena sms yang beredar.


assalamu'alaikum para pembaca muslimfriendship.... ^_^.
sekedar sharing pengalaman dan sedikit ilmu yang akan kami sampaikan terutama untuk diri pribadi yang pertama dan untuk para pembaca. semoga bisa bermanfaat yaa??:)

mmm.... pernah tidak teman - teman mendapatkan sms tentang amanah - amanah gitu tapi diakhir sms ada kata - kata sumpah atau doa - doa yang apabila kita tidak mengirimkan sms tersebut kita akan terkena musibah sampai beberapa tahun atau kita akan terkena sial dihari itu juga?? bacanya dan dengernya sih ngeri juga yaa??
bagaimana kita harus menyikapi sms - sms seperti itu??
jika kita teliti dan pahami memang sms yang berisi peringatan atau nasehat itu baik dan bagus namun jika akhir - akhirnya ada beberapa kata - kata yang mungkin mendoakan keburukan kepada seorang muslim seperti kata - kata "kirimkan ke 10 teman anda,jika dikirimkan maka anda akan mendapatkan rizky yang melimpah, jika tidak dikirimkan sms ini maka anda akan mendapatkan musibah sampai usia beberapa tahun kedepan". ini yang harus kita waspadai, karena jika kita mempercayai hal tersebut ditakutkan bahwa sms tersebutlah yang dapat memberikan manfaat ataupun mudharat bagi kita. iya kan??
dan seharusnya sebelum mengirim sms tersebut apakah sudah ada dalil yang menjelaskan bahwa sms tersebut jika tidak dikirim akan mendapatkan musibah??.. menurut kami itu aneh. memang dalam nasehat - saling menasehati itu baik, memang diharuskan kita saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran namun apakah Rasul dulunya dalam menasehati atau berwasiat kepada sahabatnya atau istrinya dengan embel - embel "jika kalian tidak menyampaikan ini kalian akan mendapatkan musibah sampai bertahun - tahun". sebenarnya memang jika kita telusuri apabila tidak menyampaikan akan kebenaran yang ada ataupun menyembunyikan kebenaran seperti halnya ahli kitab yang menyembunyikan kebenaran akan datangnya Muhammad sebagai Rasul yang terakhir maka Alloh menjanjikan adzab kepada mereka. namun disini posisi kita sebagai seorang muslim dalam nasehat menasehatipun dalam kebenaran dan kesabaran namun penuh hikmah. tidak disuruhpun oleh seseorang yang memberikan nasehat jika mendapatkan kebenaran dituntut untuk menyampaikannya semampu kita.
Rasul bersabda" jika kamu menemui kemungkaran maka cegahlah dengan tangan, jika tidak mampu maka dengan lisan dan jika tidak mampu maka cegahlah dengan hati(ingkari dengan hati), sesungguhnya itulah selemah - lemah iman"
namun fenomena sms - sms yang banyak beredar mengandung doa yang mungkar kepada sahabat muslim sendiri jika tidak meruskan sms tersebut dalam jumlah yang ditentukan maka akan mendapatkan musibah. dan ditakutkan mereka takut jika tidak mengirimkan sms tersebut akan mendapatkan musibah. dan ini menandakan bahwa ada perasaan bahwa sms tersebutlah yang mendatangkan kebaikan ataupun keburukan pada nasibnya.
dan perlu diketahui kita sebagai seorang muslim bahwa yang harus kita yakini hanya Allohlah yang memiliki kekuasaan akan hal tersebut. Allohlah yang memberikan rizki ataupun cobaan kepada setiap hamba-Nya sampai binatang melatapun Allohlah yang memberi rizky.
Allah Swt berfirman :
وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الأرْضِ إِلا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُبِينٍ (٦)
Artinya: “Dan tidak ada sesuatu binatang melata pun di bumi ini, melainkan Allahlah yang memberi rezekinya.”(QS Hud : 6 )

sesungguhnya Alloh yang Maha Perkasa dan Maha Kuasa atas segala sesuatu.
mungkin kita perlu berhati hati dalam menghadapi fenomena - fenomena sms yang beredar seperti yang sudah kami jelaskan, kita harus benar - benar selektif dan menfilter apakah ada dalil yang jelas yang menerangkan hal tersebut. bukannya su'udzon namun agar kita bisa lebih hati - hati.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ١
اللَّهُ الصَّمَدُ ٢
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ٣
وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ ٤

Artinya:
1. Katakanlah: "Dia-lah Allah, yang Maha Esa.
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia."

hanya kepada Allohlah kita harus bergantung, sesungguhnya rizky ataupun cobaan itu datangnya dari Alloh dan tidak ada orang ataupun jin bisa mencelakakan seseorang kecuali atas izin Alloh.

jika ada salah pada penulisan atau isi artikel ini, penulis mohon maaf. semoga postingan kali ini bisa bermanfaat dan ada benarnya datangnya hanya dari Alloh swt. jangan bosan - bosan ya untuk membaca ??:)

@_aby

Reactions:

0 comments:

Post a Comment