Tuesday, April 3, 2012

Anda Perlu Tau.....

Dalam suatu wilayah ada kebudayaan yang pasti akan kita temui seperti tradisi - tradisi adat atau masyarakat menyebutnya adat tradisional. di setiap wilayah menggembor - gemborkannya seolah - olah tidak ingin hilang di dalam kehidupan sehari - hari. namun jika adat atau kebudayaan tradisional yang dibangga - banggakan seolah - olah membutakan nilai ketauhidan atau menyimpang dari syar'i maka ini yang seharusnya perlu kita luruskan. dikarenakan banyak masyarakat menganggap jika adat yang biasa dilakukan dihilangkan maka akan mendatangkan kemudharatan dan sebaliknya masyarakat meyakini keberkahan akan datang jika melakukan adat tradisional tersebut. adat tradsional disini saya uraikan bersifat universal, karena bisa kita simpulkan sendiri dan kita akui banyak adat tradisional di negeri kita yang banyak menyimpang dari nilai ketauhidan dan syar'i. seperti kebiasaan para petani didaerah tertentu yang selalu menyelenggarakan adat istiadatnya dan meyakini dengan melakukan semua hal itu dapat memberikan keberkahan lebih. kemudian disuatu daerah tertentu(tidak saya sebutkan) ada yang sampai mengagungkan kerbau ataupun sapi dengan membawa kotorannya agar bisa mendapatkan keberkahan. secara logika saja itu suatu yang menjijikan. islam tidak mengajarkan hal yang demikian hanya dengan dibungkus dengan perkataan indah kesyirikan diganti dengan adat istiadat yang katanya indonesia sebagai negeri yang penuh dengan budaya namun jika budaya yang ada mengarah kepada kesyirikan maka sangat berbahaya bagi umat islam atau orang awam terutama anak -cucu kita yang mungkin berada ditengah - tengah lingkungan tersebut tidak menutup kemungkinan mengikuti adat - adat tersebut karena pengaruh internal ataupun dari lingkungan sekitar. mungkin juga hanya karena menginginkan rating dari negara lain bahwa negara kita terkenal dengan berbagai budayanya sampai tidak menentukan batas pada kebudayaannya sendiri, yang ditakutkan adalah terjebak dalam kesyirikan dan si pelaku tidak sadar akan hal itu,Na'udzubillah.
dosa syirik sangat berbahaya, Alloh berfirman dalam Q.S. An Nisa ayat 48 disebutkan :
إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا

Artinya: Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.

Sebagian ulama menafsirkan “Allah tidak akan mengampuni dosa syirik” dengan mengatakan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak akan mengampuni dosa syirik yang dibawa mati.

seandainya saja mati dengan membawa dosa syirik apa yang akan kita perbuat. tidak ada kesempatan lagi bagi kita untuk bertaubat. dengan memahami dan meneliti apa yang ada di daerah sekitar kita dan membentengi diri dari hal - hal yang bisa membawa arus kesyirikan maka itu sangat perlu dilakukan pada diri kita.
dan sesungguhnya keberkahan, cobaan, rezeki, semua itu Alloh yang memberikan. patutlah kita bersandar hanya kepada-Nya dan meminta pertolongan hanya kepada-Nya. jangan meminta pertolongan selain kepada-Nya yang diluar akal logic manusia.

wallahua'lam bissawab.

artikel ini tidak bermaksud untuk menyinggung pihak manapun. jika ada kesalahan pada isi dan penulisan artikel ini, penulis mohon maaf. jika ada salahnya dari diri sendiri dan sesungguhnya kebenaran datang hanya dari Alloh swt. semoga bisa bermanfaat.

@_aby

Reactions:

0 comments:

Post a Comment