Tuesday, March 27, 2012

Laa Tahzan...Pasti Ada Jalan...











Saat kerja keras belum membuahkan hasil...
saat keringat yang mengucur serasa tak dihargai orang lain...
saat nasehat disalah artikan dan diacuhkan...
saat perbuatan baik dikucilkan...
disitulah keikhlasan diuji...
disitulah kesabaran diuji...

sesungguhnya keikhlasan tidak memandang bagaimana reaksi dari orang lain atas kebaikan yang kita perbuat...
dan sabar bukan berarti ada batasnya,, namun sebenarnya kita sendirilah yang membatasinya...
setiap cobaan yang datang,, setiap permasalahan yang hadir,, setiap kesulitan yang kita temui dalam kehidupan terkadang memang terasa menyempitkan dada... kadang kita merasa sulit untuk bisa melaluinya...
namun..
kata "sulit" bukan berarti tidak ada jalan sedikitpun untuk melaluinya,, bukan berarti sulit itu selalu menemui jalan buntu dan berhenti dimana kita hanya bisa berdiam diri disana.
sulit masih tersedia jalan - jalan yang lain untuk melaluinya.. hanya diri kitalah yang mengerti jalan mana yang harus kita lalui dengan berusaha, tidak menyerah, berprasangka baik kepada Alloh dan berdoa.
dan masih banyak orang yang ada dibawah kita yang mungkin lebih berat cobaan yang mereka alami.
Alloh berfirman :

وَ لَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَ الْجُوْعِ وَ نَقْصٍ مِّنَ الْأَمَوَالِ وَ الْأنْفُسِ وَ الثَّمَرَاتِ وَ بَشِّرِ الصَّابِرِيْنَ

Dan sesungguhnya akan Kami beri kamu percobaan dengan se­suatu dari ketakutan dan kelaparan dan kekurangan dari harta­ benda dan jiwa-jiwa dan buah buahan; dan berilah kabar yang gembira kepada orang yang sabar.(QS.Al Baqoroh : 155).

yakinlah bahwa tidak hanya kita yang mendapat cobaan namun Alloh sudah berfirman bahwa setiap orang akan diberi cobaan. kenapa Alloh memberi cobaan kepada hambanya??
Sebenarnya Alloh ingin menguji iman kita,, dan untuk menguji mana orang - orang yang benar - benar beriman kepada Alloh.
dan minta tolonglah kepada Alloh untuk bisa melalui cobaan yang dihadapi.

Alloh berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَ الصَّلاَةِ إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْن

Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan dengan sabar dan shalat; sesungguhnya Allah adalah beserta orang-orang yang sabar.(Al Baqoroh :153)

dan orang - orang beriman jika menemui musibah maka dia yakin betul bahwa ini adalah sebagai ujian imannya dan Alloh memiliki rencana untuk memberikan hikmah dan hidayahnya dibalik cobaan yang dialami.

اَلَّذِيْنَ إِذَا أَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ قَالُوْا إِنَّا ِللهِ وَ إِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ

(Yaitu) orang-orang yang apabila menimpa kepada mereka suatu musibah, mereka berkata: Sesungguhnya kita ini dari Allah, dan sesungguhnya kepadaNya­lah kita semua akan kembali.(Al Baqoroh :156)

dan balasan bagi orang - orang yang mampu bersabar dijelaskan pada ayat selanjutnya pada Q.S. Al Baqoroh ayat 157 yang berbunyi:
أُولَئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَاتٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَ رَحْمَةٌ وَ أُولَئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُوْنَ

Mereka itu, akan dikurniakan atas mereka anugerah-anugerah dari Tuhan mereka dan rahmat, dan mereka itulah orang-orang yang akan mendapat petunjuk.

dan yang perlu ditanamkan pada diri kita jika menemui cobaan adalah yang terdapat pada Q.S. Ibrahim ayat 7 sebagai ayat motivasi dan penenang hati bagi kita yaitu :
“Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Aku akan menambah nikmat-Ku kepadamu dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

semoga kita termasuk orang - orang yang sabar dan syukur dalam menjalani liku -liku kehidupan ini.aamiin Ya Robb.
laa tahzan... pasti ada jalan saudaraku.

semoga bermanfaat. semoga atikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca dan diri saya pribadi. coretan ini ditujukan khususnya kepada diri saya pribadi yang masih belajar di universitas kehidupan yang penuh cobaan namun terdapat ribuan hikmah dan hidayah yang akan kita dapatkan.InsyaAlloh. mohon maaf atas kesalahan pada diri saya pribadi dan jika ada kesalahan pada penulisan artikel atau isi. penulis mohon maaf. sessungguhnya kebenaran datang hanya dari Alloh swt. salam ukhuwah islamiyah.


@_aby

Reactions:

0 comments:

Post a Comment