Saturday, March 17, 2012

Keutamaan Sedekah

Dalam konsep sebuah kehidupan bahwa bagi kita yang percaya akan adanya Tuhan yang haq yaitu Alloh swt tidak ada tuhan yang lain selain Dia. bahwa kita percaya segala sesuatu meliputi penciptaan, kematian, riski dll. adalah datang dari Alloh swt. dalam hal ini cahaya ilmu akan membahas tentang sedekah. kita sudah mendapatkan berbagai nikmat dari Alloh swt yang begitu banyaknya sampai - sampai kita yakin bahwa kita mencoba untuk menghitungnya kita tidak akan sanggup dan tidak akan mampu untuk menghitungnya. Alloh berfirman dalam surat An Nahl ayat 18 yaitu :
"Dan jika kamu menghitung nikmat Allah (yang dilimpahkannya kepada kamu), tiadalah kamu akan dapat menghitungnya satu persatu; sesungguhnya Allah Maha Pengampun, lagi Maha Mengasihani."
inilah bentuk kasih sayang Alloh kepada makhluk ciptaannya. namun adakalanya ada rasa kikir dalam diri seseorang yasng telah diberi harta melimpah namun tidak mau sedikitpun untuk memberikan sedikit hartanya bagi orang yang berhak atau membutuhkan. dia tidak menyadari bahwa harta yang ia dapatkan bisa saja hilang dalam hitungan beberapa detik saja walaupun ia harus mengumpulkan harta dalam waktu yang tidak sedikit. dan ia pun tidak menyadari bahwa dalam hartanya terdapat hak bagi orang fakir miskin. inilah yang perlu kita berhati - hati dalam memenejemen harta yang ada pada diri kita.Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Allah swt. akan menambah kemuliaan kepada hamba-Nya yang pemaaf. Dan bagi hamba yang tawadhu’ karena Allah swt., Allah swt. akan mengangkat (derajatnya). (HR.Muslim)
Alloh berfirman dalam Q.S. Al Baqoroh ayat 261 yaitu :
"Bandingan (derma) orang-orang yang membelanjakan hartanya pada jalan Allah, ialah sama seperti sebiji benih yang tumbuh menerbitkan tujuh tangkai; tiap-tiap tangkai itu pula mengandungi seratus biji. Dan (ingatlah), Allah akan melipatgandakan pahala bagi sesiapa yang dikehendakiNya, dan Allah Maha Luas (rahmat) kurniaNya, lagi Meliputi ilmu pengetahuanNya."
tidaklah sedekah itu akan merugikan bagi yang membelanjakannya dijalan Alloh. apakah anda pernah mendengar bahwa ada seorang pengusaha bangkrut karena rajin sedekah??
dan banyak keutamaan dari sedekah diantaranya yaitu :
- bisa sebagai penghalang dari musibah.
Dari Ali r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Segeralah bersedekah, sesungguhnya musibah tidak dapat melintasi sedekah.”
- menyembuhkan penyakit.
“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Thabrani dan Baihaqi)
- menghapus dosa
Dari Abu Hurairah r.a., Nabi saw. bersabda, “Seorang wanita pezina telah diampuni dosanya karena ketika dalam perjalanan, ia melewati seekor anjing yang menengadahkan kepalanya sambil menjulurkan lidahnya hampir mati karena kehausan. Maka, wanita tersebut menanggalkan sepatu kulitnya, lalu mengikatkannya dengan kain kudungnya, kemudian anjing tersebut diberi minum olehnya. Maka dengan perbuatannya tersebut, ia telah diampuni dosanya.” Seseorang bertanya, “Adakah pahala bagi kita dengan berbuat baik kepada binatang?” Beliau saw. menjawab, “Berbuat baik kepada setiap yang mempunyai hati (nyawa) terdapat pahala.” (Muttafaq ‘alaih)
dan itu hanya sedikit sekali keutamaan dari sedekah.
itulah sedikit ilmu yang bisa kami bagikan kepada sahabat cahaya ilmu semoga bisa bermanfaat. jika ada salahnya dan kekurangan dalam pemulisan artikel serta isinya kami mohon maaf. sama - sama belajar dan mencari ilmu.
sharing and sharing again. "sampaikanlah walau satu ayat."

@_aby

Reactions:

0 comments:

Post a Comment